Grafika komputer
Grafika Komputer adalah
suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model
berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan
struktur abstrak. Istilah ”Grafika Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William
Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen
plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan
isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu
komponen dasar visual feedback.
Menurut Suyoto (2003),
grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat
yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra
realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi. ada pula
perberbedaan antara image/citra, image merupakan gambar yang diperoleh dengan
alat pengambil gambar, seperti kamera, scanner, dll. Sedangkan grafik adalah
gambar yang dibuat dengan cara tertentu, yaitu cara yang ada di grafik komputer.
Grafika komputer
merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu
komputer. Aplikasi grafik komputer sering dijumpai dimana kita
sering menemukannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pemilihan software
yang tepat sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme
nyata.
Penerapan grafika
komputer antara lain:
➤Bidang hiburan
misalnya pada pembuatan
film, grafika komputer menghailkan efek animasi sehingga menghasilkan efek yang
mengagumkan.
➤Bidang Pendidikan
Dalam pendidikan grafika
komputer digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,
dapat melalui power point atau software lainya.
➤Computer Art,
Computer art adalah
penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa
kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak dan sebagainya.
contok: Adobe Photoshop, Corel Painter.
Dalam pendidikan grafika
komputer digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,
dapat melalui power point atau software lainya.
➤Computer-Aided Design (CAD)
bidang ini grafik
komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan
dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain
kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti autocad.
➤Computer-Aided Software Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD
tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam
memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis,
struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power
Designer.➤Virtual Reality,
irtual Reality adalah
lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi.
Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk
latihan terjun payung, untuk nonton film.
➤Bidang militer
Pemanfaatan grafik
komputer dalam bidang militer adalah mengenali sasaran peluru kendali melalui
sensor visual.
➤Bidang kesehatan
Dalam bidang kesehatan
banyak sekali di gunakan system komputerisasi yang menggunakan grafik komputer
dan pengolahan citra, misalnya pada mesin USG. Contoh lainnya adalah penggunaan
sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra
dalam bidang kedokteran.
Perkembangan grafika
computer dapat dibagi menjadi 4 fase, yaitu:
➤Fase Pertama, tahun 50an
Merupakan era grafika
komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif
tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun
50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer
ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan.
Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain
itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat.
Komputer grafik interaktif mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.
➤Fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman
penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika
interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem
penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan
sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi
dengan menampilkan simulasi efek fisik.
➤Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor
industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif
untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
➤Fase keempat, dekade 80an
Pada masa ini grafika
komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan
algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan
pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal
ini berguna untuk industri masa depan.
Sumber terkait :
Slide Grafika Komputer
Semester 3 Universitas BSI Bandung
https://ilmukomputasi09.wordpress.com/2013/06/15/pengertian-dan-konsep-grafika-komputer/
http://novitasabuna.blogspot.com/2016/10/grafika-komputer-penerapan-grafika.html