Pertemuan 1Grapika komputer


Grafika komputer

Grafika Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. Istilah ”Grafika Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.

Menurut Suyoto (2003), grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi. ada pula perberbedaan antara image/citra, image merupakan gambar yang diperoleh dengan alat pengambil gambar, seperti kamera, scanner, dll. Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu, yaitu cara yang ada di grafik komputer.

Grafika komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu komputer. Aplikasi grafik komputer sering dijumpai  dimana kita sering menemukannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pemilihan software yang tepat sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata.

Penerapan grafika komputer antara lain:

Bidang hiburan

misalnya pada pembuatan film, grafika komputer menghailkan efek animasi sehingga menghasilkan efek yang mengagumkan.

Bidang Pendidikan

Dalam pendidikan grafika komputer digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point atau software lainya.

Computer Art,

Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.

Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak dan sebagainya. contok: Adobe Photoshop, Corel Painter.

Dalam pendidikan grafika komputer digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point atau software lainya.

Computer-Aided Design (CAD)

bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti autocad.

Computer-Aided Software Engineering (CASE)

CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.Virtual Reality,

irtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung, untuk nonton film.

Bidang militer

Pemanfaatan grafik komputer dalam bidang militer adalah mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.

Bidang kesehatan

Dalam bidang kesehatan banyak sekali di gunakan system komputerisasi yang menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra, misalnya pada mesin USG. Contoh lainnya adalah penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran.


Perkembangan grafika computer dapat dibagi menjadi 4 fase, yaitu:

Fase Pertama, tahun 50an

Merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat. Komputer grafik interaktif mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.

Fase Kedua, dekade 60an

Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.

Fase Ketiga pada dekade 70an

Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer  interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

Fase keempat, dekade 80an

Pada masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.




Sumber terkait :

Slide Grafika Komputer Semester 3 Universitas BSI Bandung

https://ilmukomputasi09.wordpress.com/2013/06/15/pengertian-dan-konsep-grafika-komputer/

http://novitasabuna.blogspot.com/2016/10/grafika-komputer-penerapan-grafika.html



pertemuan 6 Algorima Garis

ALGORITMA GARIS             Algoritma merupakan langkah - langkah (prosedur) yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah masalah. ...